Cara Memasang Gasket yang Benar

Cara Memasang Gasket

Saat ini sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat karena dianggap lebih praktis dan mampu mendukung mobilitas yang tinggi di tengah kondisi jalanan yang padat. Tapi sepeda motor yang kamu gunakan setiap hari ini akan mengalami penurunan performa seiring waktu pemakaiannya, sehingga memerlukan perawatan yang baik agar tetap terasa nyaman saat digunakan.

Selain melakukan servis mesin secara rutin, kamu juga perlu memperhatikan komponen pendukung yang bisa menjaga kinerja mesin tetap bekerja maksimal, salah satunya gasket. Gasket memiliki peranan yang penting di dalam satu rangkaian mesin, karena berfungsi sebagai sekat antara dua komponen di dalam mesin agar bisa menahan tekanan yang ada dan mencegah terjadinya kebocoran.

Pemasangan gasket yang kurang tepat berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen mesin.

Salah satu gasket yang berperan penting pada mesin adalah head gasket yang berada diantara kepala silinder dan blok mesin. Head gasket yang ada di sepeda motor ini berfungsi untuk menahan kebocoran cairan pendingin atau oli agar tidak bisa masuk dalam ruang pembakaran di dalam mesin karena bisa berdampak pada performa sepeda motor.

Logam menjadi salah satu jenis gasket yang sering digunakan.

Gasket pada sepeda motor juga dapat mengalami kerusakan, selain karena proses pembakaran yang kurang sempurna, pemasangan yang kurang tepat juga bisa jadi penyebabnya. Gasket sendiri terbuat dari bahan non metal, semi metal, dan metal. Untuk bahan metal atau logam seperti tembaga dan aluminium ini belum dilengkapi dengan lapisan perekat sehingga membutuhkan bantuan sealer saat menggunakannya.

Gasket yang dipasangkan pada cylinder head biasanya terbuat dari bahan logam, tapi pemasangan yang kurang tepat bisa menyebabkan terjadinya kebocoran dan membuat air radiator masuk ke dalam ruang pembakaran. Kondisi ini membuat sepeda motor kurang nyaman dikendarai dan juga bisa membuat mesin menjadi terlalu panas atau overheat.

Cara Memasang Gasket dengan Benar

Agar gasket dapat berfungsi dengan baik, berikut ini cara benar memasang gasket pada sepeda motor untuk menghindari kerusakan akibat pemasangan yang tidak sempurna:

  • Pertama kamu dapat membersihkan permukaan yang akan dipasangkan gasket dengan melepas gasket yang lama, pastikan kalau permukaannya sudah dalam kondisi rata dan benar – benar bersih dari kotoran.
  • Jika kamu menggunakan gasket berbahan logam, maka kamu bisa mengoleskan sealer pada permukaan gasket secara merata. Tak perlu terlalu banyak, cukup oleskan tipis – tipis namun merata.
  • Setelah itu tunggulah beberapa menit sampai sealer agak mongering, dan gasket sudah siap untuk dipasang.
  • Kencangkan gasket agar terhindar dari kerusakan yang bisa membuat kebocoran diantara kedua komponen tersebut.
  • Terakhir, pastikan kamu menggunakan gasket yang masih baru karena gasket bekas pakai sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

Memasang gasket dengan benar bisa menghindari timbulnya kerusakan pada komponen penting di sepeda motormu. Tetapi bagaimana kalau ternyata gasket yang kamu pasang itu bermasalah? Jangan panik, sebelum mengganti gasket dengan yang baru, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan dan mencari tahu penyebab kerusakan gasket agar kesalahan tidak kembali terulang.

Bingung bagaimana cara memeriksa kerusakan pada gasket yang ada di sepeda motormu? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi kerusakan, seperti melihat kondisi gasket apakah ada permukaan yang tidak rata. Selain itu kamu juga bisa membersihkan permukaan gasket dan memeriksa apakah ada lubang, retak, atau karat yang bisa mengurangi fungsi gasket.

 

Dapatkan harga gasket terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *