Fungsi dan Kegunaan dari Jenis Plat Besi

Produk plat besi memegang peranan penting di dalam bidang konstruksi ataupun industri. Hal itu disebabkan karena besi tersebut memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang cukup tinggi. Tidak heran jika besi tersebut diproduksi dalam berbagai macam jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Tak hanya digunakan dalam bidang konstruksi dan industri, besi jenis ini pun sering kali dijadikan bahan dasar untuk kendaraan, contohnya seperti truk, kapan, mobil dan lain-lain.

Fungsi dan Kegunaan dari Jenis Plat Besi

Mengenal  Fungsi dan Kegunaan Masing-masing Jenis Plat Besi

Sebelum kami menginformasikan terkait harga plat besi, kami akan lebih dahulu menginformasikan tentang fungsi dan kegunaannya. Pasalnya besi jenis tersebut memiliki beragam karakteristik yang berbeda, sehingga fungsi dan kegunaannya pun akan berbeda. Langsung saja, berikut ulasan dari kami :

1. Plat Hitam

Besi plat hitam ini memiliki ukuran seperti triplekS, yakni berukuran 122x244cm. Untuk ketebalannya bervariasi, ada yang 1,2 mm hingga 200 mm. Dengan banyaknya variasi yang ditawarkan, membuat para pekerja konstruksi dan industri semakin leluasa dalam memilih. Kemudian jika dilihat pada struktur bajanya, besi plat hitam ini memiliki banyak fungsi, terutama sebagai penguat. Selain itu besi ini pun seringkali dijadikan bahan baku untuk pembuatan tangki, dudukan material profil dan lain sebagainya.

2. Plat Kapal

Plat besi dengan jenis plat kapal ini seringkali digunakan untuk pembuatan beragam instalasi kapal. Tak hanya itu, plat kapal pun digunakan sebagai material fabrikasi pembuatan tangki dan material konstruksi. Jika kalian melihat plat kapal dengan lebih detil pasti dapat melihat ciri khasnya, yaitu memiliki ukuran relative lebar dan panjang. Lebarnya berkisar 1500 mm hingga 1800 mm, kemudian panjangnya 6000 mm. Apabila dibandingkan dengan jenis besi plat yang lain, plat kapal ini memiliki ketahanan yang lebih, terutama ketahanan terhadap korosi.

3. Plat Strip

Untuk plat strip mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan papan kayu dan panjangnya sekitar 6 meter. Untuk lebarnya bervariasi, ada yng 19 mm hingga 200 mm. Untuk ketebalannya pun bervariasi, mulai dari 3 mm hingga 12 mm. Biasanya plat strip ini digunakan untuk material teralis, pagar, jendela, pintu dan juga berbagai konstruksi khusus pengaman lainnya. Ada satu kelebihan yang dimiliki oleh besi plat strip ini, yakni mudah ditekuk menggunakan mesin las.

4. Plat Bordes

Plat bordes sering digunakan di area peralihan, entah itu tangga luar ruangan atau tangga dalam ruangan. Jika dilihat bagian permukaannya, tampak bertekstur. Tujuan dari permukaan yang bertekstur ini agar dapat mengurangi resiko seseorang terpeleset, terlebih ketika permukaannya sedang dalam keadaan basah. Plat bordes ini sering digunakan untuk pembuatan lantai mobil pada bak terbuka, lantai pabrik dan beberapa peralatan olahraga.

5. Plat Kembang

Plat kembang ini memiliki ukuran standar 1,2 m x 2,4 m. Kemudian untuk ketebalannya cukup bervariasi, sehingga para konsumen dapat membeli sesuai kebutuhannya. Plat kembang ini cocok untuk diaplikasikan sebagai lantai atau anak tangga di sarana transportasi seperti bus, mobil damkar dan juga kereta.

Itulah beberapa fungsi dan kegunaan dari masing-masing jenis plat besi. Untuk harganya cukup bervariasi karena sesuai dengan jenisnya. Namun sebagai informasi, kalian dapat memperoleh besi-besi di atas mulai dari 350 ribuan hingga 1 jutaan. Semuanya akan disesuaikan dengan jenis dan ukuran besi yang akan kalian pilih nantinya. Sekian informasi terkait fungsi dan kegunaan dari masing-masing jenis besi plat, semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *