Berbagai Keunggulan Dan Jenis Lantai Kayu Parket

Keunggulan Dan Jenis Lantai Kayu Parket

Sering waktu, zaman semakin berkembang. Tak hanya teknologi, kreativitas di bidang interior pun juga melaju tanpa batas. Jika dulunya lantai hanya berupa plesteran, ubin (tegel), atau keramik. Saat ini sudah semakin bervariasi jenisnya. Dari yang terbuat dari batu marmer, kayu, parket, vinyl, dan lain sebagainya. Nilai artistiknya pun menjadi daya jual tersendiri. Salah satunya seperti lantai kayu. Baik dari jenis parket maupun kayu original, material ini memiliki daya tarik pada nilai keindahannya. Sehingga banyak orang yang memburu dan menjadikannya pelapis lantai hunian.

Apa itu parket? Parket adalah jenis dari lantai kayu. Dibuat dari kumpulan kepingan kayu yang telah melalui proses press sehingga berbentuk papan atau potongan siap pasang. Bahan pembuatnya ada yang berasal dari bahan olahan, tetapi ada pula yang dibuat dari material kayu solid (100 persen kayu). Supaya lebih jelas, yuk kenali beragam jenis parket dan keunggulannya.

Keunggulan Lantai Kayu Parket

Dalam hal interior, material parket ini dapat mempercantik lantai dan hunian. Bahan dan motif kayu tersebut membuat lantai terlihat lebih alami dan artistik. Pemasangannya juga membantu menyesuaikan suhu ruangan. Artinya, material ini bersifat fleksibel yang dapat menyesuaikan kondisi ruangan terhadap cuaca. Itulah juga yang menyebabkan parket dapat menyerap suhu panas sehingga membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Tak hanya untuk hunian, pemasangan lantai kayu parket juga cocok untuk interior lantai kantor, rumah makan, café, atau tempat komersil lainnya. Perawatannya pun juga cukup mudah. Bahkan tak perlu dipel layaknya keramik. Melainkan Anda cukup mengelapnya dengan kain lembap untuk membersihkan debu yang tersisa seusai dibersihkan.

Jenis Lantai Parket

Terlepas dari bahan pembuatnya, lantai parket memiliki banyak variasi pola, tekstur, model, dan warna yang bisa disesuaikan dengan konsep hunian. Namun, sebelum menentukan hal itu semua, ada baiknya Anda kenali lebih dahulu mengenai jenis lantai tersebut.

Parket dari Kayu Solid

Bahannya terbuat dari 100 persen kayu dengan lapisan teratasnya berupa veener dan bagian bawahnya berupa multiplek atau plywood, tapi juga sering disebut sebagai kayu lapis. Keunggulan parket solid ini terletak pada penampilannya yang lebih menarik mata (eye catching). Serta daya tahannya yang memang lebih baik dibandingkan dengan jenis parket kayu lainnya.

Namun, lantai ini rentan terhadap kelembapan. Bahkan lantai masih bisa menyusut dan memuai. Apalagi harganya, coba Anda tanya pada orang yang jual lantai kayu. Pasti mereka mengatakan bahwa lantai ini kurang ramah kantong daripada jenis lainnya.

Parket Olahan

Disebut juga dengan engineering wood, lantai ini dibuat dari bahan laminated (kayu sintetis) yang memiliki tampilan tak kalah bagus dari parket solid. Sama seperti jenis solid, lapisan teratasnya juga menggunakan veener. Sedangkan harganya, cenderung lebih murah dari jenis solid. Sayangnya, parket olahan tidak seawet jenis solid. Material ini juga tidak tahan dengan kelembapan serta rawan terhadap gangguan rayap.

Setelah mengetahui sederet keunggulan dan kekurangan dari masing-masing jenis parket, apakah Anda masih tertarik untuk memasangnya pada hunian? Jika iya jenis mana yang akan Anda pilih? Jenis parket solid dengan jaminan kualitas baik dan keawetan tinggi. Atau jenis parket olahan sebagai versi lantai kayu murah masa kini tapi tetap mewah dan menawan? Apa pun itu, sesuaikan saja dengan anggaran dan selera. Toh yang penting Anda nyaman, itu sudah lebih dari cukup bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *