Mengenal Perbedaan Antara Cat Waterproof dan Cat Epoxy Yang Harus Anda Tahu

Ketika membangun sebuah tempat tinggal pastinya semua orang akan membangun semaksimal mungkin serta menggunakan meterial terbaik agar menghasilkan rumah yang awet dan juga terhindar dari berbagai masalah. Meskipun demikian ternyata ada saja masalah yang kemudian muncul ketika rumah tersebut sudah selesai dibangun, salah satunya masalah yang sering terjadi di hampir setiap rumah adalah munculnya retakan pada bagian tembok maupun lantai rumah. Retakan tersebut bisa saja mengakibatkan permasalah baru yakni kebocoran atupun air yang merembes dan masuk ke dalam rumah.

Perbedaan Antara Cat Waterproof dan Cat Epoxy

Untuk mengatasi masalah retakan pada rumah tersebut ada beberapa langkah diantaranya dapat menggunakan metode cat waterproofing. Dengan metode ini memang masalah retakan pada dinding ataupun pada atap beton dapat diatasi dengan mudah. Tidak heran jika kemudian mulai banyak bermunculan jasa waterproofing di beberapa perkotaan besar seperti Jakarta dan sebagainya.

Perbedaan Antara Cat Waterproof Dengan Cat Epoxy

Jasa waterproofing tersebut bukan hanya sekedar menawarkan jasa pengecatan bagian rumah yang retak tersebut dengan menggunakan cat waterproof saja melainkan juga melayani jasa cat epoxy. Bagi sebagian orang tentunya masih sangat asing dengan istilah cat epoxy ini. Secara sekilas baik antara cat waterproof dan cat epoxy memang hampir sama yakni sama-sama berguna untuk mengatasi retakan yang dapat mengakibatkan kebocoran ataupun air yang merembes pada rumah. Akan tetapi antara cat waterproof dengan cat epoxy ini sangatlah jauh berbeda.

Jika biasanya cat waterproof ini bisa diaplikasikan pada berbagai sudut ruangan mulai dari tembok hingga bagian atap rumah yang terbuat dari beton, maka berbeda lagi dengan cat epoxy ini. Cat epoxy atau dikenal dengan istilah epoxy lantai adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh jasa epoxy lantai untuk mempercantik serta memperkuat lantai rumah dengan sebuah percampuran beberapa cairan kimia sehingga menghasilkan suatu cat yang sangat padat dan juga kuat.

Meskipun epoxy ini bernama cat bukan berarti sama dengan cat pada umumnya yang dapat dipergunakan juga untuk tembok rumah. Penerapan metode epoxy ini hanya dapat dilakukan pada bagian lantai saja dan tidak dapat dipergunakan untuk melapisi dinding.

Cara pengaplikasian dari kedua cat ini juga sangat berbeda, jika untuk mengaplikasikan cat waterproof hanya tinggal mengoleskan dan meratakan saja menggunakan kuas, maka untuk mengaplikasikan cat epoxy ini harus menggunakan alat khusus dan tidak boleh dikerjakan oleh sembarangan orang. Mengapa demikian karena apabila dikerjakan asal-asalan saja serta bukan orang yang ahli pada bidang jasa waterproofing maka hasilnyapun juga akan kurang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *