Yuk, Ajarkan Anak Untuk Merancang Kamar Anak Supaya Mandiri dan Tidak Cepat Bosan

Bagi anak, sebuah kamar merupakan hal yang penting bagi mereka agar dapat memiliki tempat privasi dan juga menjadi mandiri pada usia dini. Dalam membuat kamar untuk anak ini tentu saja harus mengedepankan kenyamanan yang akan membuat anak betah selama menjalankan aktivitas di kamar mereka. Membuat kamar anak sendiri ternyata juga tidak mudah, terlebih dengan anak lebih cepat merasakan kebosanan. Untuk dapat mencegah hal ini sendiri ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, di mana Anda dapat merancang kamar bersama dengan anak termasuk dalam memilih wallpaper anak.

Merancang Kamar

Tips Mengajarkan Anak Untuk Merancang Kamar

Dalam mengajak anak untuk merancang kamar mereka sendiri, tentu saja tidak langsung Anda serahkan semuanya. Dalam hal ini sendiri Anda akan melibatkan mereka apakah ada tema khusus ataupun model desain tertentu yang ingin mereka gunakan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk ajarkan anak untuk merancang kamar mereka :

1. Libatkan anak dalam pemilihan warna dan motif

Tips pertama untuk merancang kamar anak bersama dengan buah hati adalah dengan melibatkan mereka dalam pemilihan warna kamar dan motif. Anda dapat menanyakan warna apa yang disukai anak untuk menjadi warna pada kamar mereka, dengan catatan Anda telah memilihkan warna-warna yang memberikan kesan nyaman dan memiliki estetika desain yang sesuai dengan tema rumah. Dengan memberikan pilihan warna yang diputuskan anak, maka kemungkinan kecil mereka akan bosan dengan warna kamar. Pemilihan motif wallpaper anak anak pun juga dapat Anda tanyakan kepada buah hati, agar sesuai dengan kesukaan mereka.

2. Beri kebebasan memilih dekorasi pada kamar

Pada saat membuat kamar anak, tentu saja dekorasi tidak bisa dilupakan begitu saja. Anda dapat meminta pendapat anak untuk masalah dekorasi seperti wallpaper anak pada dinding, pigura, bantal atau apapun yang sekiranya memang anak dapat memilih dengan sangat bebas. Dengan memeberikan kebebasan pada anak dalam memilih dekorasi yang mereka sukai, maka anak dapat lebih nyaman dan bahagia saat mereka melakukan aktivitas pada kamar mereka sendiri.

3. Pemilihan furniture yang tidak berbahaya

Dalam kamar anak, furniture merupakan hal yang paling penting. Di mana ketika anak ingin memilih furniture seperti rak, meja ataupu kursi harus diperhatikan tingkat keamanannya. Walaupun anak ikut merancang dan memilih furniture kesukaan mereka, bukan berarti Anda tidak memikirkan aspek keamanan. Pastikan furniture seperti rak tidak terlalu tinggi bagi anak, sedangkan untuk meja dan kursi sebaiknya perhatikan kebutuhan fisik anak. Jika ingin memilih karpet, ada baiknya menggunakan bahan yang aman dan pastikan anak tidak alergi terhadap bahan karpet.

4. Tempat penyimpanan

Anak-anak tentu memiliki mainan yang jumlahnya tidak sedikit, di mana Anda tentu memerlukan tempat penyimpanan agar mainan dapat tersimpan dengan sangat rapi. Barang-barang yang sekiranya selalu digunakan oleh anak lebih baik diletakan pada tempat penyimpanan yang mudah digapai ataupun diletakan di rak paling bawah. Sedangkan untuk mainan yang sekiranya jarang dimainkan tidak ada salahnya diletakan di rak paling atas, namun dengan catatan anak masih bisa mencapai mainan dengan mudah.

Itu adalah cara untuk ajarkan anak dalam merancang kamar mereka sendiri. Dengan menggunakan cara ini sendiri maka anak akan mendapatan kamar yang sesuai dengan kepribadian mereka sehingga anak tidak mudah bosan ketika berada di kamar. Ciptakan suasana yang nyaman dan pastikan wallpaper anak anak pun terpasang dengan baik pada dinding kamar anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *